banner

MINDSET DAN STRUKTUR BANGUNAN PERNIKAHAN, DAN JUGA KEHIDUPAN [Part 1]

Written by

Kenapa orang melakukan sesuatu sebagaimana yang mereka lakukan ?
.
“Karena mindset”.
.
Ya, mindset menjadi sebab or alasan or fondasi mereka melakukan sesuatu sebagaimana yang mereka lakukan.
.
Dan salah dua mindset paling penting yang harus benar-benar kita bentuk or kita miliki, adalah : mindset tentang pernikahan dan mindset tentang hidup.
.
Kesalahan dalam memiliki atau membentuk dua mindset ini bisa berakibat fatal.
.
…………………….
.
And btw, mindset itu bukan pola pikir ya.. (at least saya membedakannya)..
.
Pola-pikir hanyalah bagian dari mind-set..
.
Pola-pikir adalah salah satu hasil dari mind-set..
.
Pola-pikir itu salah satu bentukan dari mind-set..
.
Mindset tidak hanya mempengaruhi bagaimana pola-pikirmu, tapi juga pola-tindakanmu (yangmana pola tindakan adalah fase lanjutan dari pola-pikir), dan pola tindakan tersebut akan membentuk habbitmu (pola hidupmu)..
.
[Next time akan saya sharingkan perbedaan mind-set dan pola pikir (mind-pattern), serta saya beri analoginya dan contohnya agar lebih mudah mengtransfer pemahaman tersebut dari perspective saya]..
.
…………………….
.
Dan kita harus hati2..
.
Mindset itu banyak..
.
Ada mindset yang benar, ada mindset yang nampak benar, ada mindset yang salah tapi kita anggap benar, dan ada mindset yang memang salah (dan kita tahu itu salah)..
.
Karena itu, terus berdoa dan memohon kepada DIA yang Maha Tahu adalah pilihan yang bijak agar benar-benar tuntunan dariNYA lah yang menjadi dasar kita dalam bertindak..
.
Sebab ada jalan (termasuk jalan pikiran) yang disangka benar, tetapi ternyata berujung pada jurang kebinasaan..
.
PUN, jangan sampe mindset kita tidak benar-benar “lengkap” atau sebagian saja dalam memahami sesuatu..
.
Sebab ketidak-lengkapan dalam memahami sesuatu bisa berdampak tidak baik, selain tentunya kita juga bisa salah dalam memiliki sudut pandang maupun pengertian, dan itu sangat berbahaya, terlebih jika itu berbicara tentang pernikahan dan hidup..
.
( Lain kali saya sharingkan terkait ini dari perspective saya..)
.
…………………….
.
Dan mumpung masih muda, ayo sama-sama terus belajar dan belajar, “mencari ilmu”* dan terus “mencari ilmu” tentang bagaimana mindset yang benar..
.
Alih2 menghabiskan waktu muda kita untuk hal-hal yang tidak perlu dan hal yang sia-sia (main game, nongkrong2 di warkop sampe larut malem sama temen2 etc etc etc), ayo menggunakannya untuk terus memahami hikmat-hikmat dan tuntunan dariNYA..
.
(Saya gak mau mengintervensi orang yang main game..main game monggo, selama masih bisa ngatur waktu dan kita tidak lupa skala prioritas..Tapi bagi saya sendiri, alih2 main game, saya lebih suka menggunakan masa muda saya untuk hal-hal yang lebih bermanfaat : baca2 buku, baca2 sejarah, belajar bakulan, dll dll)
.
Tunjukkan kesungguhan kita dihadapan TUHAN agar hikmat-hikmat yang menuntun itu DIA curahkan..
.
Sebab, sekali lagi, mindset itu seperti fondasi yang turut mempengaruhi bagaimana “bangunan” kita..
.
Dan salah dua mindset paling penting yang harus kita upayakan dan doakan agar ALLAH memberi petunjuk dan mencurahkan hikmat kepada kita adalah : mindset tentang pernikahan dan mindset tentang hidup..
.
Dan tentunya, selain terus berusaha untuk mencari ilmu, kita juga jangan lelah untuk terus berdoa kepadaNYA agar dibimbingNYA menuju jalan yang benar..
.
Ingat, apa yang masuk kedalam otak gak lebih besar dari apa yang masuk kedalam hati..

Silakan dishare untuk baca-baca lagi nanti atau untuk berbagi kebermanfaatan jika memang menurut Anda artikel ini bermanfaat agar kita semua bisa menjadi saluran kebaikan.

  • Jika menurut Anda artikel ini bermanfaat, terimakasih jika sudah mau share agar semakin bisa bermanfaat bagi semakin banyak orang. Menjadi saluran kebaikan dan kebermanfaatan tidak akan pernah merugikan kita, malah kita akan mendapatkan kebaikan darinya, dan dari Yang Memiliki Segala Kebaikan
  • Jika Anda tergerak untuk menjadi penulis atau berbagi sesuatu yang bisa bermanfaat bagi lainnya di www.parapejuang.com, silakan klik link berikut. Ingat, hal-hal kecil jika dibagikan secara tulus hati dan konsisten niscaya mampu membawa dampak besar.
  • Mari berjuang untuk ptibadi yang lebih baik, keluarga yang lebih baik, masyarakat yang lebih baik dan bangsa yang lebih baik.

 
About Writer :

Hanya ingin menjadi anak yang baik, calon suami (dan ayah) yang baik dan hamba yang baik. Sebab, peran kita di dunia ini minimal melingkupi 3 hal diatas : peran sebagai seorang anak, peran sebagai seorang suami (dan ayah) dan peran sebagai seorang hamba.

Tagged on : #ayoberjuang #for_a_sweeter_family #for_to_be_a_better_men #untuk_menjadi_calon_imam_yang_baik


Browse Another Article at : #SpiritualDevelopment | #PersonalDevelopment | #FamilyDevelopment

 
Article Categories:
Para Pejuang Keluarga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *